Breaking News
Loading...
Minggu, 23 Februari 2014

Seminar Parenting SD Muhammadiyah Plus Semarang


Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang selama ini menjadi tumpuan orang tua dalam mendidik anaknya. Tidak sedikit orang tua yang mengkambing hitamkan sekolah jika terjadi kegagalan dalam pendidikan anak. Padahal orang tua dan sekolah merupakan dua unsur yang saling berkaitan dan memiliki keterkaitan yang kuat satu sama lain.  Banyak guru dan kepala sekolah yang mengeluh kesulitan untuk bekerja sama dan melibatkan dalam program pendidikan sekolah. Orang tua siswa lebih menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada sekolah, padahal keberhasilan pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Akibatnya beban sekolah dalam mencetak mutu karakter siswa menjadi semakin berat, lantaran dalam membangun karakter anak bukan hanya program di sekolah namun juga peran aktif orang tua.
Mengingat pendidikan bukan hanya mencetak lulusan yang memiliki kemampuan akademik saja melainkan juga akhlak, moral dan spiritualitasnya. Padahal orang tua adalah penanggung jawab utama pendidikan anak, sehingga tidak boleh 100% menyerahkan pendidikan anak pada sekolah, apalagi dengan banyaknya kasus yang terjadi yang memperlihatkan adanya pergeseran makna pendidikan menjadi pengajaran semata.
Namun sepertinya memang tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua, sehingga orang tua harus belajar sendiri menghadapi tingkah laku anaknya mulai dari yang biasa saja sampai yang luar biasa. Oleh karena itu, saat ini orang tua harus membekali diri dan keluarganya dengan pengetahuan dan sarana yang menunjang keberhasilan pendidikan anak. Untuk itu, SD Muhammadiyah Plus Semarang ingin memfasilitasi para orang tua untuk dapat menimba ilmu menjadi orang tua hebat melalu seminar parenting.

0 komentar:

 
Toggle Footer